Minggu, 27 Januari 2013

Proses Komunikasi dan Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi


Komunikasi merupakan sarana untuk mengadakan koordinasi antara berbagai subsistem dalam organisasi.
Salah satu tantangan besar dalam berkomunikasi pada organisasi adalah bagaimana menyampaikan informasi ke seluruh bagian dan bagaimana menerima informasi dari seluruh bagian organisasi.


Proses Komunikasi
Gagasan pengirim > Gagasan diubah menjadi pesan > Penyampaian pesan pada Penerima > Penerima menerima & menafsirkan pesan > Penerima memberi tanggapan/Interprestasi pesan.

Pengembangan Komunikasi
Down Ward Communication : Komunikasi yang disampaikan pimpinan kepada bawahan
Up Ward Communication : Komunikasi yang disampaikan bawahan kepada pimpinan
Horizontal Communication : Komunikasi yang disampaikan oleh dan untuk anggota organisasi. (Sharing).

Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan mengandung arti pemilihan alternatif terbaik dari sejumlan Aternatif yang tersedia.
Perlu adanya suatu kata mufakat dalam pengambilan keputusan agar organisasi dapat berjalan sebagaimana mestinya.Untuk itu perlu diperhatikan proses pengambilan keputusan dalam berorganisasi.

Proses Pengambilan Keputusan ada empat, 
Identifikasi Masalah, yakni kita harus mengetahui seluk beluk permasalahan. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan.
kedua, Pengambilan Alternatif Keputusan yakni mengambil beberapa alternatif pemecahan masalah terbaik yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah.
ketiga, Penentuan/Pengambilan Keputusan, beberapa alternatif penyelesaian masalah dirundingkan secara mufakat untuk mengambil keputusan terbaik agar tidak merugikan pihak manapun.
keempat, Pengawasan terhadap Keputusan yg diambil, yakni untuk mengawasi bahwa keputusan yang telah di ambil secara mufakat dijalankan sampai suatu masalah tersebut diselesaikan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar